top of page

Wild Welfare’s e-learning program now in Bahasa Indonesia!

*English description is below*.

Perkenankan saya untuk secara resmi memperkenalkan program edukasi digital Wild About Welfare yang baru saja kami luncurkan dalam Bahasa Indonesia dan dapat Anda temukan di sini: (https://wildwelfare.org/e-learning-programme-bahasa-indonesia/)


Program ini gratis untuk diakses, didukung oleh WAZA (World Association of Zoos and Aquariums), dapat digunakan di semua jenis perangkat (komputer, Smartphone, dll) dan terdiri dari 8 modul pembelajaran beserta glosarium dan pengenalan program. Kursus ini ditujukan bagi peserta yang saat ini bekerja dengan, atau berencana untuk bekerja dengan hewan di masa depan dan tujuannya adalah untuk memberdayakan peserta dengan keterampilan, pengetahuan dan kepercayaan diri untuk dapat meningkatkan kesejahteraan hewan yang berada di bawah perawatan hewannya.

Terdapat dua elemen dalam setiap modul; dokumen pembelajaran yang berisi informasi yang mudah dipahami mengenai aspek kesejahteraan satwa, diikuti dengan kuis interaktif yang menawarkan formula unik dan menarik untuk pengujian mandiri dan retensi pengetahuan.

Topik-topik modul adalah sebagai berikut:

- Konsep Kesejahteraan Satwa

- Kebun Binatang di Abad ke-21

- Perilaku Satwa

- Penyediaan Pengayaan

- Lingkungan Penangkaran

- Nutrisi dan Pemberian Pakan

- Perawatan Kesehatan Satwa

- Catatan, Perencanaan dan Protokol

Jika Anda berencana memanfaatkan program ini, kami akan sangat menghargai umpan balik yang dapat Anda berikan kepada kami terkait dampak program ini terhadap satwa dan orang-orang di fasilitas/kemitraan Anda. Pendapat mengenai seberapa efektif program ini sebagai alat pembelajaran, pengalaman pengguna, pengetahuan yang diperoleh, dan satwa apa saja yang mungkin terkena dampak program ini. Apakah kursus ini mendorong perubahan kesejahteraan yang positif, apakah ada perubahan atau tindakan spesifik yang dibuat sebagai hasil dari program ini seperti perubahan nutrisi atau kreasi pengayaan misalnya? Umpan balik ini sangat berharga bagi kami dalam menilai bagaimana kami dapat melanjutkan program ini di masa depan dan terus berupaya meningkatkan kesejahteraan satwa di seluruh dunia.

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai kursus ini, jangan ragu untuk menghubungi saya dan saya harap Anda akan menemukan sumber daya yang bermanfaat.



Wild Welfare’s e-learning programme is now fully translated into Bahasa Indonesia: https://wildwelfare.org/e-learning-programme-bahasa-indonesia/

The programme is free to access, WAZA endorsed, can be used on any type of device (computer, smart phone etc) and consists of 8 learning modules along with a glossary and programme introduction. The course is aimed at audiences who either currently work with, or plan to work with animals in the future and the goal is to empower learners with the skills, knowledge and confidence to be able to improve the welfare of the animals under their care.

There are two elements to each module; the learning documents filled with easy to understand information on an aspect of animal welfare, followed by the interactive quizzes which offer a unique and engaging formula for self-testing and knowledge retention. The module topics are as follows:

• Animal Welfare Concepts

• Zoos in the 21st Century

• Animal Behaviour

• Enrichment Provision

• The Captive Environment

• Nutrition and Feeding

• Animal Health Care

• Records, Planning and Protocols

If you plan to utilize the programme, we would really appreciate any feedback you might be able to give us regarding the impact it has had on the animals and people within your facility/partnership. Opinions on how effective it was as a learning tool, user experience, knowledge gained and any animals that the programme might have a potential impact on. Did the course drive forward positive welfare changes, were there any specific changes or actions made as a result of the programme such as nutritional changes or enrichment creations for example? This feedback is all really valuable to us in assessing how we can move forward with the programme in the future and continue working towards welfare improvements for animals across the globe.


This programme is also available in English, Japanese and Vietnamese, with the programme planned to be released in new languages each year! Sarah Bonser-Blake of Wild Welfare will also be speaking at SARCCs first event, April 7, 2023.



13 views
bottom of page